Rabu, 30 Agustus 2017

Pemupukan dengan Bioslurry

 Foto ini dapat dari internet yang menulis artikel (baca dibawah) mengenai koperasi susu yang ada di Jawa Timur




Pengangkutan Pupuk Organik Cair (Bioslurry)


Penyiraman Tanaman dengan POC Bioslurry
 

Kenapa di tempat lain bisa di Nganjuk tidak bisa, Bioslurry saja mereka masih bertanya (dengan orang dinas yang masih ambigu bingung untuk jawab.......takut kena jebakan betmen)

Masih berpegang dengan foto ini semoga kita bisa mengedukasi ke masyarakat khususnya petani di Nganjuk bahwa pupuk cair organik bioslurry ini aman, lebih murah, dan karena ini berbentuk cair pengairan akan lebih hemat. 

Perlu diingat POC Bioslurry berbeda dengan tinja manusia, meski berasal dari materi buangan yang disebut kotoran (kletong/sapi dan tinja/manusia), PERBEDAANYA ternak sapi hewan herbifora dangan makanan utama yaitu hijauan daun, jerami fermentasi, bekatul (kalau peternaknya kaya bisa beli konsentrat) tapi ingat sapi tidak makan daging dan minyak, sedang manusia adalah makhluk hidup yang makan apa saja /Omnivora.
SEBAB ITU
Kotoran/tinja manusia lebih berbahaya, karena masih mengandung bakteri seperti e-coli dlsb, hal inilah yang menjadi pembeda. 





ARTIKEL

Koperasi yang Menginspirasi: Urusan Susu sampai Biogas? Beres!

Ketika mendengar kata "koperasi", sering yang langsung terbayang di pikiran orang pada umumnya adalah organisasi yang "ndeso" dan terbelakang. Pokoknya citra yang menempel pada koperasi sampai saat ini adalah anti-tesis dari hal-hal yang bersifat "kekinian".

Tetapi, coba datang ke KAN (Koperasi Agro Niaga) Jabung, yang berlokasi di Kecamatan Jabung, Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur. Koperasi yang berdiri sejak tahun 1979 sebagai Koperasi Unit Desa, ini mengusung motto "Agent of community development", organisasi yang memberdayakan masyarakat.

Dengan karyawan hampir 200 orang, koperasi ini berhasil mengembangkan organisasi tersebut dengan menerapkan manajemen modern sehingga tidak hanya maju dengan anggota yang terus bertambah, unit usaha dari KAN Jabung juga semakin berkembang.

Dengan anggota sekitar 1.950 peternak susu perah dari 15 desa di Jabung, KAN Jabung adalah koperasi yang mengurusi hampir semua kebutuhan anggotanya "dari hulu sampai hilir". Mulai dari melayani kebutuhan simpan pinjam untuk kebutuhan sehari-hari, koperasi juga mengurusi kredit kepemilikan ternak dan kandang, bahkan juga kredit kepemilikan reaktor Biogas Rumah (BIRU).

Pada akhir tahun 2009, KAN Jabung bergabung menjadi mitra pembangun dan semakin antusias untuk mengembangkan program biogas bagi anggotanya. Seiring dengan meningkatnya kesadaran anggota koperasi untuk memanfaatkan bio-slurry (ampas biogas) sebagai pupuk organik, pada tahun 2012 KAN Jabung membentuk unit usaha baru pengolahan limbah. Unit ini memberikan jasa penyemprotan bio-slurry sebagai pengganti pupuk kimia yang masih dignakan mayoritas petani di daerah Malang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

P4S

P4S APA ITU P4S? Pusat Pelatihan Pertanian dan Perdesaan Swadaya (P4S) adalah: lembaga pendidikan di bidang pertanian dan perd...