Jumat, 04 Agustus 2017

Kembali Ke P4S

Kenapa kembali ke P4S a.k.a Pusat Pelatihan Pertanian dan Perdesaan Swadaya
bukan kembali kepada KIM atau Kelompok Informasi Masyarakat
Karena basic kita berusaha adalah di bidang pertanian yang ada di dusun Bulu desa Putren kecamatan Sukomoro Kabupaten Nganjuk Jawa Timur, yang dimulai sejak 2010 terutama pada tanaman padi dan hasil olehanya berupa beras dengan merek Srisadono, pada pertengahaan Juli 2015 usaha ini berkembang dengan usaha peternakan sapi serta pemanfaatan limbah kotoran sapi sebagai Biogas dan pupuk organik.
Dengan mensinergikan ke 2 jenis usaha tersebur P4S Adikarya bisa melaksanakan proses usaha pertanian dan peternakan, yang menghasikan banyak kemanfaatan terutama pada limbah hasil pertanian, yang bisa dimanfaatkan disini kita sebut ZWF / Zero Waste Farming dengan urutan prosesnya berupa Food, Feed, Fertilizer dan Fuel disingkat 4F.

Food merupakan hasil pertanian yang bisa di konsumsi oleh manusia
Feed merupakan limbah hasil dari pertanian
Fertilezer merupakan hasil fermentasi kotoran ternak sapi sebagai pupuk organik baik cair dan padat
Fuel merupakan energi berupa BIOGAS sebagai pengganti kayu bakar/LPG atau sebagai sumber energi penggerak genset untuk penerangan.

Kelompok Informasi Masyarakat telah berkembang dengan menyebarkan kegiatan yang ada di P4S Adikarya, melalui media sosial.
Dan Alhamdulillah, beberapa tahun terakhir ini kita di support oleh KOMINFO Kab. Nganjuk Jawa Timur

Pada artikel ini kenapa kami beri judul "Kembali ke P4S" ini upaya kami agar tidak bingung memuat  artikel sesuai pengalaman dan minat di komunitas kami khususnya pertanian terintegrasi dan berkelanjutan, peternakan, dan limbah yang bermanfaat. Meskipun kadang kami menulis beberapa artikel diluar topik tersebut seperti peristiwa - peristiwa yang sedang menjadi tranding topik di beberapa media (online/offline), dengan alasan supaya blog ini bisa menjadi arsip ataupun potongan berita yang bisa diingat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

P4S

P4S APA ITU P4S? Pusat Pelatihan Pertanian dan Perdesaan Swadaya (P4S) adalah: lembaga pendidikan di bidang pertanian dan perd...