Jumat, 04 Agustus 2017

Menyikapi Berita HOAK

Menyikapi Berita HOAK 

Belakangan ini dunia dihebohkan dengan munculnya berita hoax atau berita palsu. Bahkan, dengan bantuan media sosial (medsos), berita hoax ini memiliki jangkauan penyebaran lebih luas.

Menjangkitnya berita hoax di dunia tak terkecuali di Tanah Air tentu menimbulkan keresahan tersendiri bagi masyarakat. Namun, masyarakat tak perlu terlalu khawatir dengan ini, karena masyarakat sendiri bisa ikut andil dalam memberantas hoax.

Timbul juga rasa emosi ketika mendapat berita hoax, diamana orang lain jadi ikut terpengaruh ingin sekali rasanya membalas pesan atau menulis komen dengan mengatakan, berbagai kata dan kalimat buruk kepada orang yang menyebarkan informasi.
Namun, itu cara yang TIDAK bijak. Responslah berita hoax dengan bijaksana. Melansir dari Hoax-slayer, Selasa (7/2/2017), berikut cara bijak merespons informasi bohong.

Balas pribadi
Reaksi awal ketika mendapat pesan berantai atau lewat media sosial, jangan langsung 'reply all' atau membalas ke semua. Kemungkinan ini membiarkan orang lain tahu. Akan sangat memalukan jika nantinya informasi ternyata benar. Daripada mempermalukan diri sendiri dan terlihat bodoh di depan umum, lebih baik balas secara pribadi untuk mengonfirmasi kepada oraanng yg menyebarkan.

Balas dengan etika
Tidak ada yang suka ditertawakan. Jika balasan terlalu agresif dan membuat orang merasa bodoh mereka cenderung fokus beralih kepada membela diri. Jadi, balaslah dengan sopan dan halus agar hasilnya positif.

Backup argumen Anda
Bahkan jika Anda dengan etika dan kata-kata halus, penerima belum tentu merasa demikian. Sifat manusia itu, ia mungkin mencoba untuk menghindari merasa bodoh dengan membela klaim, kemudian berselisih argumen dengan Anda. Oleh karena itu, siapkan argumentasi dengan referensi yang benar.



Ambil kesempatan untuk mendidik
Balasan Anda seharusnya menjadi kesempatan untuk membantu pengirim pelajaran kepada yang mengirim berita hoax. Jelaskan reaksi Anda dan kebenaran pesan tersebut.

Komparsi berita
Melakukan perbandingan berita hoak pada beberapa media online yang satu dengan media online yang lain, hal ini dilakukan bila berita yang diperoleh dari media online

Kedewasaan Bersikap 
Seiring bertambahnya usia seseorang akan semakin bijak dalam bersikap dan bertindak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

P4S

P4S APA ITU P4S? Pusat Pelatihan Pertanian dan Perdesaan Swadaya (P4S) adalah: lembaga pendidikan di bidang pertanian dan perd...