Rabu, 30 Agustus 2017

PALATABILITAS MAKANAN TERNAK



Apakah bahan baku pakan yang akan diberikan ke ternak sapi akan disukai atau tidak disukai, wajib hukumnya dites dulu oleh formulatornya. Kalau formulatornya merasakan enak, nyaris bisa dipastikan ternak sapi juga akan suka (palatable).
Misal, batang rumput Gajah, sama sekali tidak ada rasanya. Makanya sapi tidak mau memakannya. Masih mending batang rumput Odot, ada sedikit rasa manis-manisnya.

Untuk meningkatkan palatabilitasnya, makanya perlu di cacah dengan mesin chopper, supaya lebih lembut ukurannya dan kemudian difermentasi secara tertutup selama minimum 4 minggu. 
Maka hasilnya batang rumput Gajah atau pun serat yang lain, rasanya akan menjadi manis. Sekaligus menekan jumlah sisa pakan dari rumput yang harus dibuang. ZERO WASTE.

Salah satu bahan baku konsentrat ternak sapi yang rasanya paling enak dan gurih adalah bungkil kelapa nyiur (kopra). Jadi, sebaiknya pemakain kopra sangat membantu untuk meningkatkan nilai palatabilitas konsentrat. 
Dengan catatan pemakaianya jangan melebihi batas maksimum 5%. Karena ada kelemahannya juga, menjadi cepat tengik bila disimpan terlalu lama, >1 minggu, bila penggunaannya melebihi batas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

P4S

P4S APA ITU P4S? Pusat Pelatihan Pertanian dan Perdesaan Swadaya (P4S) adalah: lembaga pendidikan di bidang pertanian dan perd...