Jumat, 08 September 2017

Portable Smart Biogas Plant (SBP) – Turn waste into Taste and Energy



Masyarakat memproduksi sampah baik sampah organik maupun sampah inorganik setiap hari.
Tahu kah kita bahwa kegiatan dan konsumsi sehari-hari yang kita lakukan akan menghasilkan sampah- sampah ini?

Sadarkah kita bahwa jika tidak dikelola dengan benar, sampah sampah ini akan mencemari lingkungan, menimbulkan penyakit dan bahkan berkontribusi besar terhadap pemanansan global dan perubahan iklim?


Salah satu solusi untuk mengelola sampah organik mulai dari sumbernya (rumah tangga) adalah dengan memanfaatkan Portable Smart Biogas Plant, yang bisa menggubah hampir segala jenis sampah organik (limbah dapur/makanan, sayur dan buah-buahan, limbah sawit, minyak jelantah, kotoran ternak dan bahkan kotoran manusia secara lebih efisien menjadi BIOGAS dan pupuk organik cair dibandingkan teknologi konvensional biogas yang sudah ada (misal : type fixed dome biogas).






Spesifikasi Umum Portable Smart Biogas Plant (SBP):
               
Terdiri dari tangki digester berkapasitas 1000liter (tersedia juga 500 lt, 3000 lt dan 10.000 lt), dan bisa menyimpan biogas dengan kapasitas s/d 4 m3. Digester ini mudah untuk dipindahkan dan dilengkapi dengan panel surya untuk menggerakkan sistem pengadukan yang dapat menghasilkan gas 50% lebih banyak dari sistem biogas konvensional. Selain itu, digester juga dilapisi dengan plastik berjenis High Density Polyethylene (HDPE). Dengan kapasitas 6 – 15 kg sampah organik per hari, dapat dihasilkan 4 m3 biogas yang dapat digunakan untuk energi memasak selama 5-6 jam per hari.
Limbah dari SBP juga menghasilkan bioslurry yang bisa digunakan sebagai pupuk organik cair dan kompos yang sangat bermanfaat untuk pertanian organik.
Manfaat lain, pada waktu malam hari, energi dari listrik DC dari panel surya bisa digunakan untuk penerangan dan charger HP.
Untuk kapasitas digester yang lebih besar, Biogas juga dapat dikonversi menjadi energi listrik.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

P4S

P4S APA ITU P4S? Pusat Pelatihan Pertanian dan Perdesaan Swadaya (P4S) adalah: lembaga pendidikan di bidang pertanian dan perd...