Kamis, 11 September 2014

Profile Adikarya 2014



ADIKARYA

Profil Perusahaan
Adikarya bermula dari usaha keluarga yang bertujuan untuk mempertahankan kearifan alam desa dan berusaha mempertahankan lahan pertanian keluarga di  tengah gempuran alih fungsi lahan pertanian menjadi pemukiman.
Dengan lahan seluas 3Ha, Adikarya bekerjasama dengan para petani – petani mitra untuk melalukan pertanian yang terintegrasi dengan sektor – sektor pendukungnya, dengan memanfaatkan sumber daya lokal yang ada. Kegiatan integrasi yang dilaksanakan berorientasi pada pertanian tanpa limbah (Zero Waste Farming) dan menghasilkan 4F yaitu Food, Feed, Fertilizer dan Fuel (Makanan, Pakanternak, Kompos dan Bahan bakar).
Inovasi teknologi yang  di introduksikan berorientasi untuk menghasilkan produk pertanian organik dengan pendekatan “pertanian tekno ekologis”.
Produk pertanian yang dihasilkan seperti beras, beras organik,  beras merah, menir, bekatul dan lain – lainnya. Pemasaran sebagian besar di jual di “Toko SriRahayu”dan juga melalui reseller serta agen di luar kota Nganjuk.
Adikarya juga berupaya untuk memfasilitasi serta membantu meningkatkan kesejahteraan keluarga petani melalui pengembangan pertanian organik, akses pasar dan sistem informasi kepada petani dan keluarganya, sehingga kehidupan mereka menjadi lebih baik, dengan:

A.        Pola Kemitraan
Adikarya menjalankan pola kemitraan dengan petani-petani di Desa Putren.
Adikarya menyediakan bibit, bantuan modal untuk biaya operasional, mengelola pasca panen dengan membeli gabah petani mitra sesuai atau diatas harga pasar dan memprosesnya menjadi beras dengan Merk Sri Sadono.
Kemitraan ini didasarkan pada pembagian pendapatan ( setelah dikurangi biaya operasional) .
   Musim ke-1 : 50 % -50 %  untuk petani
   Musim ke-2 : 30 % : 70 % untuk petani
   Musim ke-3 : 30 % : 70 % untuk petani

Manfaat bagi petani-petani mitra :
1.   Memberikan lapangan pekerjaan dan lahan garapan yang tetap, tanpa harus membayar uang sewa terlebih dahulu.
2.   Meningkatkan pendapatan petani mitra(dari Rp. 500.000/bulan sampai Rp.1.000.000/bulan) data 2011 - 2013.
3.   Mengurangi ketergantungan pada sistem ijon ( tebas ) .
4.   Berbagi resiko, kerugian dan gagal panen di tanggung bersama oleh kedua pihak, antara petani mitra dan Adikarya.
5.   Menghindarkan dari renternir/tengkulak. Untuk biaya produksi dan sewa lahan, petani biasanya meminjam uang dari rentenir dengan bunga tinggi dan menjadikan tanaman di sawah yang belum tua sebagai jaminan atau dijual cepat dengan sistem tebas supaya cepat mendapatkan  uang.  
Jumlah petani mitra: 10 petani mitra, 2 petani mitra supplier beras merah dan petani - petani supplier beras biasa.
B.      Mempersingkat Jalur Pemasaran Beras
Adikarya telah membantu petani di Desa Putren untuk menjual hasil panen mereka, khususnya padi tanpa perantara tengkulak.
Adikarya juga membangun sistem penyimpanan/lumbung sehingga petani dapat menjual produk mereka sepanjang tahun. Hal ini bertujuan untuk menciptakan informasi pasar terbuka bagi para petani berdasarkan kuantitas, kualitas , kontinuitas dan kepercayaan, dengan harga terupdate sesuai dengan harga pasar.
Manfaat :
1.      Beras di produksi dan di proses di tempat yang sama, sehingga konsumen mendapatkan harga beras yang murah dan kualitas beras yang baik.
2.      Sistem penyimpanan/lumbung memberikan kesempatan kepada petani untuk menjual gabahnya dengan dua atau tiga kali batch penjualan, sehingga mereka bisa mendapatkan harga terbaik dibandingkan jika mereka menjual semua hasil panennya secara langsung, pada waktu panen.


C.      Diversifikasi Usaha Tani Secara Horisontal dan Vertical
Diversifikasi usaha tani secara horizontal dengan mengusahan beberapa komoditi secara terpadu yaitu sistem tumpang sari tanaman pangan, hortikultura, perkebunan (pisang), peternakan (sapi) dan perikanan (lele).
Diversifikasi usaha tani secara vertical melaksanakan intensifikasi dan ekstensifikasi usaha tani, kegiatan pengolahan dan pemasaran hasil dan pengolahan / pemanfaatan hasil ikutan (bio-urine, bio gas, kompos, pakan, bio-arang) dan juga mengembangkan unit pelayanan sarana produksi dan lembaga keuangan mikro.

Manfaat:
  1. Berkembangnya SDM petani.
  2. Terciptanya lapangan kerja melalui pengembangan diversifikasi usaha pertanian dan industry rumah tangga.
  3. Berkembangnya intensifikasi dan ekstensifikasi usaha tani.
  4. Meningkatnya insentif berusaha tani melalui peningkatan produksi dan efisiensi usaha tani (pupuk, pakan, bio gas, bio urine, bio pestisida bisa diproduksi secara mandiri ).
  5. Tercipta dan berkembangnya pertanian organik (green economic).
  6. Berkembangnya lembaga usaha ekonomi perdesaan.
  7. Peningkatan pendapatan petani.

 
VISI dan MISI CV ADIKARYA

Visi ke depan
CV Adikarya bukan hanya badan usaha, tapi juga pusat pendidikan bagi petani dimana mereka bisa belajar mengenai sustainable integrated farming system. Diharapkan juga lahan pertanian yang dikelola dapat berkembang 10 kali lipat. Kehidupan petani juga dapat lebih baik karena mereka dapat memperoleh swasembada pangan dari hasil pertanian dan peternakan mereka, serta menjual produk makanan

Misi
1.      Menjadi petani yang mandiri dengan menerapkan sistem pertanian organik berbasiskan pada sumber daya (lokal) petani sendiri.
2.      Menguasai teknologi pertanian, bisa membuat benih, pupuk dan obat-obatan sendiri yang cocok dengan kebutuhan pertanian berkelanjutan.
3.      Menjadi petani yang kreatif dan produktif dengan portofolio usaha petani. Portofolio usaha petani dilakukan dengan integrasi pertanian dengan sektor pendukungnya yang berorientasi pada pertanian tanpa limbah (Zero Waste Farming) dan menghasilkan 4F yaitu Food, Feed, Fertilizer dan Fuel (Makanan, Pakan ternak, Kompos dan Bahan bakar berupa gas/listrik). Portofolio usaha petani bisa memberikan kombinasi pendapatan harian, mingguan, bulanan, musiman dan tahunan bagi petani. Kebutuhan makan dan gizi keluarga juga dapat tercukupi dari sawah serta pekarangan.

Tantangan yang dihadapi & kebutuhan:
Kemauan masyarakat untuk bekerjasama, karena kadang mereka bersikap skeptis terhadap perusahaan seperti ini. Masih ada yang berpikir bahwa perusahaan hanya ingin mengambil untung tanpa membawa perubahan yang berarti. Kami kesulitan untuk mengubah pola pikir dan memperoleh kepercayaan masyarakat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

P4S

P4S APA ITU P4S? Pusat Pelatihan Pertanian dan Perdesaan Swadaya (P4S) adalah: lembaga pendidikan di bidang pertanian dan perd...