Kamis, 07 September 2017

Biogas Workhop for Kids

Bekerja sama dengan SHINE (Sustainable Hyper Platform of Indonesian Network of Educators), pada kesempatan ini Adikarya bersama dengan  Nagaro yang diwakili oleh Azim Khan yang berpusat di Frankfurt, Jerman, mengadakan pelatihan untuk anak-anak tentang biogas bertempat di kediaman Bu Ines Setiawan, founder SHINE di Lippo Karawaci Tangerang.



Pertama-tama kita belajar tentang kegiatan apa såja dalan hidup kita yang membutuhkan enerji dan menghasilkan limbah. Lalu anak-anak diajak berpikir tentang apa dampaknya bagi lingkungan. Banyak yang tidak menyangka bahwa sekecil apapun hal yang kita lakukan dalam hidup bisa berpengaruh positif atau négatif terhadap pemanasan global dan perubahan iklim.

Kemudian AzimKhan menjelaskan kepada anak-anak apa itu biogas, bagaimana biogas bisa diproduksi dari sampah organik dan dimanfaatkan untuk memasak atau memproduksi listrik. Azim menjelaskan cara kerja mesin biogas skala rumah tanga yang dia buat dan membimbing anak-anak untuk mendesain mesin biogas mereka sendiri. Kegiatan yang luar biasa kaya.


Tidak lupa, mewakili Adikarya, mbak Yayuk Sri Rahayu yang merupakan petani modern di Nganjuk berbagi pengalamannya yang selama 3 tahun ini sudah memproduksi dan memanfaatkan biogas dalam kehidupannya. Sharing pengalamannya sangat membuka mata. 

Semoga anak-anak mendapatkan kesan yang mandalam dari kegiatan sederhana bersama para ahli yang murah hati ini. 

Tidak lupa kami ingin mengucapkan terima kasih kapada Pak Andri Marsetianto yang sudah mengkoordinir pengadaan mesin biogas ini dan Pak Andhoko Ari Bowo yang judah meminjamkan panel surya nya untuk kegiatan pelatihan ini. 

Sumber :






https://indonesiashine.wixsite.com/shineindonesia/single-post/2017/07/12/Mesin-Biogas-dari-Jerman

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

P4S

P4S APA ITU P4S? Pusat Pelatihan Pertanian dan Perdesaan Swadaya (P4S) adalah: lembaga pendidikan di bidang pertanian dan perd...