Selasa, 26 April 2016

Siaran di Radio Suara Anjuk Ladang AKA Nganjuk

Siaran di studio RSAL bersama operator mbak Ambar, topik tentang pertanian berkelanjutan dan ramah lingkungan
Pertama diajak siaran di RSAL, binggung juga dengan singkatan ini, karena yang diketahui RSAL itu adalah Rumah Sakit Angkatan Laut di Surabaya, tapi ini Radio Suara Anjuk Ladang. Baru setelah berbincang lama diketahui Anjuk Ladang (sangsekerta) yang sama artinya dengan kota angin/bayu julukan kota Nganjuk.
Untuk diketahui sebelumnya kenapa disebut kota angin, memang pada musim kemarau, kalau tidak salah pada bulan menjelang Agustus sampai dengan Oktober angin sangat kencang, tapi setelah adanya pemanasan gobal yang bukan isu lagi, musim angin tidak hanya terjadi pada bulan-bulan tersebut, terkadang di musim hujan angin juga sangat kencang.........hehehe itulah kota Nganjuk sekarang.
Pada siaran langsung atau online di RSAL ini adalah mengenalkan tentang Adikarya Agribisnis dengan sistem pertanian dan perternakan, yang di jargonkan dengan ZWF atau Zero Waste Farming yaitu Pertanian / Peternakan dengan Limbah yang bermanfaat.
Sebenarnya ZWF ini adalah konsep lama yang sudah ada sejak dari nenek moyang kita ada dan mengenal pertanian dan peternakan, tapi masih ada yang tertinggal yaitu pemanfaatan limbah kotoran ternak sebagai energi kita sebut Fuel.
Oleh karena itu di ZWF akan menghasilkan 4F yaitu. Food, Feed, Fertilizer dan Fuel.
Nah ........... dari konsep yang telah diterapkan dan pelaksanaanya telah berjalan ini, di adikarya agribisnis, semoga  bisa memberikan pemahaman, dan merubah pola pikir yang sedikit berbeda mengenai pertanian dan peternakan, khususnya petani peternak yang ada di kota anjuk ladang aka Nganjuk.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

P4S

P4S APA ITU P4S? Pusat Pelatihan Pertanian dan Perdesaan Swadaya (P4S) adalah: lembaga pendidikan di bidang pertanian dan perd...