Jumat, 22 April 2016

Majalah FEMINA 2015 PETANI MODERN

Judul di sampul depan "PETANI MODERN", bukan dengan memiliki peralatan pertanian yang modern, karena industri pertanian di negara kita masih banyak di pengaruhi oleh banyak kepentingan, politik dan birokratis.
Modern di sini karena banyak anak muda (generasi gadget, jempol dan telunjuk), tidak pernah dikenalkan dengan profesi petani. Dimana petani yang merupakan produsen bahan makanan kalah atau tengelam dengan dan oleh industri manufaktur yang banyak menyerap tenaga kerja serta industri hiburan atau entertain.
Tapi Modern dijudul sampul adalah manajemen pengelolaan lahan pertanian yang terintegasi dengan peternakan. Dimana limbah hasil pertanian berupa jerami, sekam, dan bekatul bisa dimanfaatkan untuk pakan ternak, selanjutnya dari limbah peternakan menghasilkan energi berupa biogas yang bisa digunakan sebagai penganti LPG ataupun energi skala rumah tangga, dan bila gas yang dihasilkan itu banyak bisa untuk skala kampung sedangkan sisa hasil akhir berupa bioslurry atau pupuk organik siap pakai untuk dipergunakan di lahan dan bila produksi berlebih bisa dijual secara retail ke petani lain.  



 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

P4S

P4S APA ITU P4S? Pusat Pelatihan Pertanian dan Perdesaan Swadaya (P4S) adalah: lembaga pendidikan di bidang pertanian dan perd...