Selasa, 29 Maret 2016

Hand Made Soap dari Bekatul (Rice Bran)

Bekatul (rice bran) adalah hasil samping pemrosesan gabah menjadi beras, yang terdiri dari aleurone layer, seed coat dan germ.
Setidaknya 10 % bekatul dihasilkan dari proses ini. Karena mayoritas penduduk Indonesia menjadikan beras sebagai makanan pokok, produksi bekatul tentu saja cukup besar. Sayangnya, sampai saat ini, bekatul hanya populer sebagai pakan ternak.

Padahal, banyak ahli yang menyebutkan bahwa bekatul mengandung komponen bioaktif pangan yang pangan bermanfaat bagi kesehatan sehingga bekatul sangat berpotensi untuk dikembangkan menjadi pangan fungsional yang bernilai gizi dan menyehatkan. Kandungan asam amino pada bekatul, juga bisa ditambahkan pada produk-produk kecantikan seperti sabun mandi, pelembab, pembersih kulit dll.

Tujuannya untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan kulit. Selain itu, bekatul juga mengandung asam ferulat yang akan melindungi asam lemak melawan kerusakan oksidasi yang disebabkan oleh berbagai polutan, peroksida dan radikal bebas yang dibentuk selama metabolisme tubuh.

Berkolaborasi dengan mbak Mei Ibu TataYasmin, Adikarya Agribisnis mengembangkan hand made natural sabun dari bekatul, dengan berbagai varian yang bermanfaat baik untuk kulit sensitive maupun normal.




‪#‎bekatul‬ 2dnext level

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

P4S

P4S APA ITU P4S? Pusat Pelatihan Pertanian dan Perdesaan Swadaya (P4S) adalah: lembaga pendidikan di bidang pertanian dan perd...